15 Maret 2008

"apa yang sebenarnya terjadi"

Dalam wacana utama sejarah Orde Baru "pengkhianatan G30S/PKI" menjadi mantera pembenar bagi penumpasan berbagai bentuk gerakan yang bersifat kerakyatan. Sedemikian kuat dan mendalam pengaruh mantera ini sehingga untuk waktu yang cukup lama orang tidak lagi bertanya tentang apa itu Gerakan 30 September dan keabsahan pengaitan gerakan tersebut dengan PKI.

Mengikuti logika penyelidikan seorang detektif, John Roosa berusaha meneliti "apa yang sebenarnya telah terjadi" dalam Gerakan 30 September -- suatu peristiwa pemberontakan dari sejumlah perwira yang berujung pada kudeta. Selama puluhan tahun, studi-studi tentang peristiwa politik berdarah ini belum melahirkan analisis yang solid dan uraian yang menyeluruh tentang fakta-fakta terselubung di sekitar peristiwa tersebut.

Berbagai pendapat tentang dalang G-30-S, apakah itu Suharto, Angkatan Darat, pemerintah Amerika Serikat dan CIA, PKI atau bahkan Sukarno, semuanya diuji kembali dalam buku ini untuk memahami lebih baik proses transisi kekuasaan yang paling berdarah dalam sejarah Indonesia. Roosa juga mengurai dan menganalisa, mengapa suatu peristiwa pembunuhan tujuh perwira Angkatan Darat bisa berkembang menjadi gelombang kekejaman yang meluas dan sulit dicari padanannya dalam sejarah modern Indonesia.

Tidak ada komentar: